Jumat, 21 Maret 2014

Terhambatnya Doa

Posted by Arno Firdaus On 18.00 | No comments
Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi maha Penyayang,
assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh..

Berdoa adalah hal yang wajib jika kita menginginkan sesuatu. Tetapi banyak orang bertanya-tanya kenapa doa yang ia panjatkan tidak juga dikabulkan. Sebelum membaca penyebab terhambatnya doa alangkah baiknya membaca waktu doa yang baik. Jika waktu doa yang baik telah dilakukan tapi masih belum terkabul juga, mungkin salah satu alasan dibawah ini menjawab pertanyaan anda. Berikut sebab-sebab tidak dikabulkannya doa.

1. Tidak Khusyuk dan tidak merendahkan diri di hadapan Allah
Seringkali kali kita berdoa dengan tergesa-gesa, karena sedang sibuk ataupun hanya karena tidak ingin meninggalkan beberapa menit acara TV kesayangan kita. Seharusnya kita bisa meluangkan banyak waktu untuk berdoa agar kita bisa berkhusyuk dalam berdoa.
Dalam Al-Quran surat Al-A’raf ayat 55 Allah berfirman “Berdoalah kepada Rabbmu dengan berendah diri dan suara yang lembut.”

Berdoa haruslah khusyuk dan berendah diri kepada Allah swt. Kita harus memakai hati kita untuk berdoa, jangan hanya berdoa karena nafsu belaka. Dan berdoalah dengan kata-kata yang indah dan suara yang lembut agar doanya dikabulkan. Secara logika pun jika kita meminta kepada sesama manusia dengan suara lembut dan bahasa yang baik pasti akan diberikan, begitupun sebaliknya jika hanya meminta dengan asal dan dengan bahasa yang biasa pastinya tidak akan diberikan.

2. Putus asa, merasa doanya tidak juga dikabulkan dan tergesa-gesa ingin doanya cepat dikabulkan
Sikap seperti ini adalah penghalangnya dikabulkannya doa. Seharusnya kita tidak boleh putus asa dan merasa doanya tidak dikabulkan karena kita berdoa kepada zat yang maha memberi dan Maha Segalanya.
Jika masih tidak terkabul jangan berpikir buruk dulu kepada Allah swt karena mungkin anda masih belum memikirkan dua aspek berikut.
  • Ada penghalang yang menghambat terkabulnya doa tersebut, misal : memutuskan hubungan kekerabatan, berdoa untuk keburukan, atau mengkonsumsi makanan yang haram.
  • Doanya akan diganti di akhirat nanti, atau dia dipalingkan dari keburukan yang terdapat dalam isi doanya. Untuk itulah berdoa sebanyak karena tidak akan rugi orang yang banyak berdoa, karena banyak kebaikan dari doa tersebut.

3.  Berdoa untuk keburukan
Tentunya ini sangatlah tidak pantas, bayangkan saja apakah kita pantas beroda untuk keburukan kepada Allah swt? Jika pun dikabulkan bukanlah Allah yang mengabulkan melainkan jin yang melakukannya. Jadi berdoalah untuk kebaikan, karena Allah hanya menerima doa-doa yang tulus dari hatinya dan Allah pun tau apa yang terbaik untuk kita.

Jika doa kita masih tidak dikabulkan mungkin karena sesuatu yang diminta kita bukanlah yang terbaik untuk kita. Percayakan semuanya kepada Allah, karena Allah mengetahui apa yang tidak kita ketahui. Positive thinking to Allah. Semoga ibadah kita diterima, kita diberikan yang terbaik, segala dosa kita dihapuskan aamiin. J



0 komentar:

Posting Komentar

Blogroll

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Site Rank