Selasa, 11 Maret 2014

Rusak Hati

Posted by Arno Firdaus On 18.12 | No comments
Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi maha Penyayang,
assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh..

Hati adalah sesuatu yang sugoi dari ciptaan Allah swt. Hati berbeda dengan akal dan sangat sulit menjelaskan apa yang dimaksud dengan hati. Meskipun zaman sudah canggih, sampai saat ini belum ada yang mampu menciptakan hati. Untuk itulah kita harus menjaga hati jangan sampai kita merusaknya. Rusak? Apakah hati bisa rusak? Jawabannya Ya. Berikut adalah sebab-sebab rusaknya hati.

1. Orang yang berbuat dosa dan mengandalkan taubat terus menerus.
Jangan sampai ketika kita ingin melakukan dosa kita berfikir bahwa “manusia adalah tempatnya dosa”, “semua manusia pasti punya salah”, “ahh cuma dosa kecil”, “setelah melakukan dosa ini taubat saja”, sesungguhnya itulah bisikan-bisikan syetan dan janganlah kita terjerumus kedalam tipu dayanya. Banyak yang tidak sadar bahwa pemikiran inilah salah satu penyebab rusaknya hati seseorang.
Kalau diumpamakan hati itu bagaikan kertas. Jika kita menggoreskan dosa lalu suatu saat dihapus dan dilakukan terus menerus yang terjadi adalah kertas itu menjadi rusak karena terlalu sering dicoret dan dihapus.

2. Mempunyai ilmu dan pengetahuan tapi tidak diamalkan
 Ilmu hanyalah titipan yang diberikan Allah kepada kita yang dikehendakinya. Untuk itulah jika kita mendapat kepercayaan untuk diberikan ilmu kita tidak boleh memendam ilmu itu sendirian. Karena ilmu harus dimanfaatkan untuk kehidupan semua orang. Apa ruginya kita menyebarkan ilmu, malah dengan menyebarkan ilmu kita menjadi semakin kuat dengan ilmu tersebut bukan malah ilmu itu hilang dari kita.
Jadi sebarkanlah ilmu dan pengetahuan yang benar, bukan malah menjerumuskan teman dengan ilmu yang salah.

3. Beramal tetapi tidak Ikhlas
Mengapa beramal tetapi tidak ikhlas, padahal harta yang kita punya tidak lain hanyalah titipan yang Allah berikan kepada kita. Jadi apa ruginya kita mengembalikan apa yang memang milik-Nya, meskipun memang milik Allah tapi Allah memberikan pahala yang tak ternilai bagi siapa saja yang mengamalkan sebagian hartanya.
Maka dari itu beramal lah dengan ikhlas. Karena dunia ini hanya sementara dan semua harta yang kita miliki hanyalah titipan yang akan ditanyai pertanggung jawabannya.

4. Menerima rizqi namun tidak bersyukur
Banyak orang tidak sadar akan rizqi yang ia dapatkan, misal menghirup udara, itu adalah rizqi yang tak ternilai tetapi banyak orang tidak menyadari betapa cintanya Allah kepada hambanya. Banyak orang terbuai akan nikmatnya rizqi yang Allah berikan sehingga lupa bersyukur kepada Sang Pemberi rizqi.
Tips dalam bersyukur, ketika kita berdoa mulailah dengan bersyukur. Misal : “ya Allah saya bersyukur engkau telah memberikan kepintaran ini dan ya Allah semoga saya semakin pintar lagi aamiin”. Itu adalah contoh jika kita ingin menjadi lebih pintar lagi tetapi kita tidak lupa bersyukur kepada-Nya.

5. Tidak ridho akan takdir Allah
Mengapa kita harus mempermasalahkan pembagian yang Allah berikan. Sesungguhnya Allah mengetahui apa yang kamu tidak ketahui. Jadi tidak seharusnya kita menentang takdir Allah karena Allah lebih mengetahui apa yan terbaik untuk kita. Kita manusia hanya bisa berencana tapi Allah yang menentukannya.

6. Tidak mengambil pelajaran dari kematian seseorang
Sesungguhnya setiap kematian sesorang mempunyai nasehat-nasehat yang tidak akan kalian dapat dari orang hidup. Kita jadi mengerti bahwa hidup di dunia ini hanya sementara, semua dari kita pasti akan meninggalkan dunia yang fana ini. jadi ambilah pelajaran dari kematian tersebut.
Misal: ada orang yang meninggal karena over dosis oleh minuman alcohol, berarti pelajaran yang kita dapat adalah bahwa minuman alcohol diharamkan karena berbahaya bagi tubuh kita, Allah tidak akan melarang sesuatu tanpa sebab yang pasti.


Itulah beberapa penyebab rusaknya hati seseorang. Semoga kita dijauhkan dari perbuatan di atas, semoga kita dapat selalu menjaga hati kita. Jika masih ada yang melakukan perbuatan diatas bertaubatlah sebelum terlambat karena waktu akan terus bergulir.

0 komentar:

Posting Komentar

Blogroll

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Site Rank