Minggu, 05 Januari 2014

SYI’AH (Agama menyimpang dari Irak)

Posted by Arno Firdaus On 21.33 | 3 comments
Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi maha Penyayang,
assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh..

Seperti yang kita tahu agama Islam terbagi menjadi beberapa aliran namun tetap saja Islam adalah satu. Namun di daratan Irak ada aliran yang disebut dengan Syi’ah. Syi’ah didirikan oleh para pengikut syaidina ali setelah syaidina ali wafat. Syi’ah adalah aliran muslim yg memiliki pendirian tersendiri yang bisa dikatakan menyimpang dari ajaran muslim yg seharusnya karna disyi’ah ini ada beberapa hal yg sangat berbeda dgn ajaran muslim (islam) pada umumnya.

Syi’ah memiliki acara (drama pembunuhan husain) peringatan hari dimana  hasan husain anak dari ali bin abi talib dan siti patimah yg juga cucu nabi muhamad saw. meninggal karna dibunuh oleh lawan perangnya yakni umat yahudi(hasan husain dibunuh dgn cara di penggal kepalanya dan kepalanya di jadikan bola).
Di syi’ah adapun peringatan hari asyura(10 muharam) di muslim pada umumnya di sebut idul fitri(di indo) peringatan hari asyura ini cukup unik atau mungkin bisa di bilang aneh, kenapa ? karena di acara peringatan ini kegiatan yg dilakukan adalah mencambuk2 dada dgn tangan sampai berdarah yg diiringi fuji2an terhadap husain dan syaidina ali(kalau di agama nasrani seperti ritual golongan nasrani ekstream), acaranya dilaksanakan di gereja(contohnya adalah hari peringatan haul arbain imam husein / 40 hari wafatnya husein di Griya Bina BPIB(Gereja Berqzicht)).

Adzan, lafadz adzan yg dikumandangkan jauh berbeda dgn adzan cara umat muslim pada umumnya karna setelah menyebut nama rasulluloh muhamad saw  kemudian di sebutkan juga ali sebagai wali alloh lalu setelah haiyaallal palah diikuti haiyaallal hairil amal.

Wudhu, tidak ada doa niat wudhu lalu wudhu yg dilakukan di awali dengan membasuh wajah dgn segenggam air, diusapkan7 x hingga siairnya tidak menetes lagi, kemudian ambil segenggam air lagi di basuhkan ke tangan kanan 7 x lalu segenggam air untuk membasuh tangan kiri 7 x lalu membasuh rambut 1 x dan mengelap ke2 kaki masing2 1 x tanpa mengambil air wudhu lagi.
.........

Semoga kita tidak terjatuh ke jurang kesesatan. Semoga Allah membimbing kita ke jalan yang lurus.

dikarenakan tidak memungkinkan dimuat dalam satu artikel
Di artikel selanjutnya akan dibahas.

3 komentar:

  1. saya rumahnya di lawang tapi itu bukan gereja, itu kayak gedung loh ya,, emang sih kadang buat doa2 tapi itu untuk umum kadang disewain untuk pernikahan hati2 loh ya

    BalasHapus
  2. sugoi ! mungkin ada mis jdi infonya krang klop :D

    BalasHapus

Blogroll

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Site Rank