Minggu, 26 Januari 2014

Waktu doa yang baik (part 2)

Posted by Arno Firdaus On 22.40 | No comments
Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi maha Penyayang,
assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh..

Salam Sugoi, seperti janji saya di artikel Waktu doa yang baik, artikel ini adalah lanjutan dari artikel Waktu doa yang baik, langsung saja sahabat kita simak.

 Waktu doa yang baik dari point 8 sampai selesai. Sebagai berikut.

8. Di hari Jum’at
Hari jumat di Islam memang hari yang istimewa di antara hari-hari lainnya. Di hari Jumat seorang muslim harus melakukan ibadah Jum’atan tanpa terkecuali. Begitu istimewanya hari Jumat bahkan hari diciptakan bumi adalah hari Jum’at dan kiamat pun akan terjadi pada hari Jum’at. Rasulullah pernah berkata bahwa ada waktu di hari jumat yang baik untuk berdoa, dan waktu itu sangat sebentar.

Ada yang berpendapat bahwa waktu tersebut ketika imam naik mimbar sampai shalat Jum’at selesai dilaksanakan.
Ada yang berpendapat setelah waktu Ashar sampai matahari terbenam.
Ada yang berpendapat berdoa lah dengan sungguh-sungguh pada kedua waktu tersebut, insya Allah doa yang dipanjatkan dengan serius akan dikabulkan oleh Allah Ta’ala.

9. Ketika turun hujan
Hujan adalah nikmat dari Allah saw. Oleh karena itu, kita jangan kesal akan turunnya hujan yang tidak lain diturunkan oleh Allah saw. Daripada kita kesal lebih baik kita gunakan waktu tersebut untuk berdoa.

10. Hari Rabu antara Dzuhur dan Ashar
Tidak ada penjelasan yang detail dari waktu berdoa ini dan tidak banyak punya mukmin yang tahu hal ini. Tapi dalam 2 hadits dikatakan Nabi Muhammad saw berdoa pada hari Rabu antara sholat Dhuzur dan sholat Ashar. Dan Insya Allah doanya dikabulkan.

11. Ketika Hari Arafah
Hari Arafah adalah hari ketika para jama’ah haji melakukan wukuf di padang Arafah, yang tidak lain adalah tanggal 9 Dzulhijjah. Dianjurkan pada hari tersebut memperbanyak doa, baik bagi jama’ah haji maupun bagi seluruh kaum muslim yang tidak sedang menunaikan ibadah haji. Karena Rasulullah memerintahkannya dalam suatu Hadits.

12. Ketika Perang Berkecamuk
Mungkin untuk zaman modern seperti ini jarang sekali perang terjadi karena hamper semua Negara sudah Merdeka. Tapi ketika Perang berkecamuk adalah waktu berdoa yang mujarab. Karena orang yang berdoa tentunya dalam keadaan jihad dan sedang dalam mara bahaya.

13. Ketika Meminum Air Zam-zam
Rasulullah pernah bersabda dalam suatu Hadits bahwa Khasiat air Zam-zam itu sesuai niat peminumnya. Jika niat peminum ingin sembuh maka disembuhkan, jika niat peminum ingin sukses dunia dan akherat maka Insya Allah akan ditunjukan jalan yang lurus.

Alhamdulillah artikel tentang Waktu-waktu doa yang baik telah selesai. Apakah anda sudah sering berdoa di waktu-waktu tersebut?, jika belum lakukanlah dan jika sudah tingkatkanlah.
Semoga bermanfaat bagi pembaca. Mudah-mudahan Allah saw mengabulkan semua doa kita dan menuntun kita ke jalan yang di ridhoinya.


0 komentar:

Posting Komentar

Blogroll

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Site Rank