Minggu, 26 Januari 2014

Waktu doa yang baik

Posted by Arno Firdaus On 22.03 | No comments
Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi maha Penyayang,
assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh..



Manusia tidak lepas dari keinginan dan hasrat ingin mendapatkan sesuatu. Untuk itulah kita berdoa kepada Allah swt agar bisa mengabulkan keinginan yang dia sampaikan. Allah swt sangat mencintai orang yang berdoa kepadanya, begitu juga sebaliknya, Allah swt membenci orang yang tidak berdoa kepadanya. Sungguh Maha Pengasih lagi Maha penyayang. Tapi kita jangan berburuk sangka jika doa kita tidak dikabulkan, karena Allah swt lebih mengetahui apa yang lebih baik untuk kita daripada diri kita sendiri.

Kenapa kita tidak berdoa? Apa susahnya berdoa? Kita punya banyak waktu hidup di dunia, apa susahnya kita meluangkan beberapa menit dari 24 jam untuk berdoa kepada-Nya. Terkadang kita terlalu sibuk pada kehidupan dunia dan kita hanya berdoa secepat kilat. Usahakanlah meluangkan waktu untuk berdoa dengan sungguh-sungguh.

Berdoa itu bagaikan mengamen, jika kita mengamen dengan bagus yang mendengarkan juga tidak ingin cepat-cepat memberi uang karena tidak ingin kita berhenti menyanyi. Tapi sebaliknya, jika kita mengamen dengan jelek, yang mendengarkan langsung memberi uang agar kalian segera pergi. Jadi berbangga dirilah kalian jika doa kalian belum dikabulkan, karena Allah swt ingin kita lebih dekat lagi kepada-Nya dan Allah swt masih ingin mendengarkan doa-doa mu yang sangat indah.  

Meskipun berdoa bisa dilakukan dimana saja tapi kita tidak boleh berdoa di tempat yang tidak layak, misalkan di wc. Untuk mendapatkan ridhonya dan kesempurnaan dalam berdoa ada tempat yang tepat untuk kita berdoa, sebagai berikut.

1. Ketika sahur atau sepertiga malam terakhir
Seperti tiga malam adalah waktu yang penuh berkah. Kebanyakan orang pada waktu itu sedang menikmati tidurnya dengan pulas tapi jika ada orang yang sudah bangun dan mengambil air wudhu lalu melakukan sholat malam dan berdoa, pastinya sungguh luar biasa orang tersebut. Dalam keheningan malam tentunya dia juga berdoa sangat khusyu karena tidak ada gangguan dari siapapun. Rasulullah saw pun mengistimewakan watu sepertiga malam. Oleh karena itu Insya Allah doa kita akan dikabulkan oleh-Nya. aamiin.


2. Ketika berbuka puasa
Waktu berbuka puasa adalah waktu yang penuh keberkahanm karena diwaktu itu manusia menikmati rezeki dari Allah swt, setelah menahan berpuasa pada pagi dan siang harinya. Kita pun harus menahan nafsu kita untuk makan secepatnya dan berdoa lebih dahulu. Oleh karena itu manfaatkan lah waktu berbbuka puasa dengan berdoa.


3. Ketika malam lailatul qadar
Sebagaimana kita ketahui, malam lailatul qadar adalah malam diturunkannya Al Qur’an. Malam ini lebih utama daripada 1000 bulan.
Untuk itulah pada malam lailatul qadar kita dianjurkan untuk memperbanyak ibadah dan berdoa.

4. Ketika adzan berkumandang
Selain dianjurkan menjawab adzan dengan lafazh yang sama, dianjurkan juga untuk berdoa, karena disebutkan juga didalam hadits, bahwa doa pada waktu berkumandangnya adzan adalah tidak tertolak dan kecil kemungkinannya untuk ditolak.

5. Di antara adzan dan iqamah
Waktu jeda antara adzan dan iqamah adalah doa yang tidak tertolak. Kita pun tentunya harus ada di masjid sebelum waktu adzan dan iqamah yang berarti kita tidak boleh terlambat datang ke masjid jika kita ingin berdoa pada waktu ini. Jadi berguna juga untuk melatih kedisplinan kita dalam beribadah.

6. Ketika sedang sujud dalam shalat
Dikatakan didalam hadits bahwa seseorang sangat dekat dengan Allah swt ketika dia bersujud. Oleh karena itu kita harus memanfaatkan waktu tersebut untuk berdoa.

7. Ketika akhir sholat wajib
Maksudnya akhir sholat wajib tersebut adalah sebelum salam. Rasulullah saw menganjurkan berdoa sebelum selesai shalat bukan setelah shalat, Allah pun bersabda pada surat An Nisa ayat 103 bahwa setelah selesai sholat maka berdzikirlah. Jadi Allah swt menganjurkan berdzikir setelah sholat bukan berdoa. Jika ada pertanyaan “ Apakah disyariatkan berdoa setelah sholat?” jawabannya Tidak. Karena setelah sholat disyariatkan untuk berdzikir. Tetapi tidak apa-apa juga jika kita melakukannya.

Sungguh disayangkan kebanyakan umat muslim membiasakan doa setelah shalat wajib bukan sebelum sholat selesai sholat. Jika ada waktu yang disyariatkan untuk berdoa kenapa kita melakukan yang tidak disyariatkan.


Di artikel diatas ada 7 waktu yang baik untuk berdoa, tapi masih ada lagi 6 waktu untuk berdoa yang akan saya bahas di artikel Waktu doa yang baik (part 2). J

0 komentar:

Posting Komentar

Blogroll

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Site Rank