Senin, 27 Januari 2014

Shalat itu Kebutuhan

Posted by Arno Firdaus On 17.35 | 3 comments
Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi maha Penyayang,
assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh..


Ada suatu hal di dunia yang sangat mudah dilakukan, yaitu meninggalkan shalat. Saya sangat heran, kenapa ada manusia yang tidak melakukan ibadah shalat tapi dia masih saja mengaku sebagai orang muslim. Sedangkan kita tahu sendiri, bahwa rukun islam yang kedua adalah shalat.
Shalat ini wajib ! bahkan melebihi wajib. Shalat adalah kebutuhan umat muslim, dengan shalat kita bisa membangun tiang agama dengan berdiri tinggi dan kokoh. Karena disebut juga shalat itu adalah tiangya agama.

Timbul pertanyaan dalam pikiran saya, Kenapa banyak muslim tidak melakukan shalat? Padahal Allah selalu memberi kita rezek berupa kehidupan, kita hidup di dunia milik Allah saw, kita menghirup udara yang diberi oleh Allah Ta’ala. Hanya beberapa menit kita melakukan shalat tapi kenapa kita sangat susah melakukannya. Bagaimana kalau kenikmatan menghirup udara dihentikan dalam beberapa menit? Apa kita sanggup hidup tanpa kenikmatan Allah saw. Jawabannya Tidak, tapi kenapa kita tidak mematuhi aturannya, malah mendekati larangannya. Ingat bahwa dunia ini hanya sementara.

Bagaimana cara kita membuat shalat menjadi kebutuhan. Pada dasarnya kita harus mengenali siapa Tuhan kita, siapa pemimpin kita, termasuk kaum siapakah kita. Jika kita sudah mengenal siapa Tuhan kita, coba kita dekati Tuhan kita, kenali lebih banyak tentang-Nya. Jika kita telah mengenal-Nya Insya Allah kita akan tahu betapa Allah saw sangat mencintai kita, betapa cintanya Rasulullah kepada kaumnya, betapa mulianya Rasul terakhir kita. Jika kita sudah merasakan Cinta kepada Allah saw dan rasul-Nya Insya Allah kita takkan sanggup meninggalkan perintahnya dan tidak ingin mendekati larangannya. Meskipun godaan menghadang Insya Allah kita akan bertahan pada perintah Allah Ta’ala.

Jangan lalai terhadap shalat, jika adzan berkumandang segerakan lah mengambil air wudhu dan shalat. Karena amal yang lain dilihat dari shalatnya, jika shalat kita baik maka amal yang lain juga baik tapi sebaliknya, jika shalat kita tidak baik maka amal yang lain juga tidak baik. Percuma saja jika kita berinfak sebanyak apapun jika tidak shalat tidak ada gunanya.

Rukun islam itu harus dilakukan bertahap, pertama syahadat dan kedua shalat. Jika kita melakukan shalat tanpa syahadat tidak ada gunanya, begitupun jika kita melakukan rukun islam dibawahnya seperti infak atau naik haji tanpa melaksanakan rukun islam shalat tidak ada gunanya.Tidak seperti syahadat yang dilakukan sekali, shalat dilakukan seumur hidup kita, 5 waktu dalam sehari.

Maka dari itu Jadikanlah Shalat itu Kebutuhan !

3 komentar:

  1. Merinding Mas saya bacanya. Sholat sendiri memang fatal kalau melakukannya tidak benar. Itupun saya tahu baru beberapa hari kemarin setelah saya mengikuti kajian di Masjid

    BalasHapus
  2. mantap pembahasannya sob, ijin simak

    BalasHapus

Blogroll

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Site Rank